Cara Mengoptimalkan SEO menggunakan BLOG

Cara Mengoptimalkan SEO menggunakan BLOG - Sebelumnya saya pernah menulis artikel tentang Cara Optimasi SEO on Pag dan kali ini saya ingin membahas Cara Mengoptimalkan SEO menggunakan BLOG. Sekarang saya akan coba sedikit mengulas tentang langkah-langkah cara SEO website supaya situs kita dapat peringkat di Google berdasarkan apa yang saya pelajari di Website,Ebook tentang SEO, beberapa eksperimen pengalaman pribadi, dan beberapa referensi lainnya.
Cara Mengoptimalkan SEO menggunakan BLOG

Bangunlah Blog Untuk Website Anda

Jika Anda hendak membuat website yang sukses, ada baiknya Anda pertimbangkan juga untuk membangun blog di dalam website tersebut. Gunanya selain untuk meningkatkan kepercayaan pada pengunjung, juga untuk memberikan kredibilitas di mata search engine. Coba bayangkan, apa jadinya kalau ada orang datang ke toko kita dan tanya-tanya ke pelayan toko, tapi si pelayan toko tadi nggak mudeng soal produk kita. Istilahnya, product knowledge nya nol.
Blog bisa difungsikan seperti itu. Para pengunjung mungkin tidak menemukan produk / layanan yang dia cari. Namun ketika dia muter-muter membaca konten lain yang terdapat di dalam blog kita, siapa tahu dia menemukan informasi lain yang bisa jadi dia butuhkan. Ingat, kata kuncinya adalah “INFORMASI”. Sehingga perlahan namun pasti, di dalam dirinya akan tumbuh rasa percaya bahwa website kita layak untuk dijadikan rujukan / referensi perihal produk atau layanan yang sedang dia cari.
Begitu juga bagi search engine. Blog merupakan salah satu unsur yang penting supaya website kita memenuhi tujuannya. Jika konten senantiasa kita update, mereka akan tambah suka.

Cara SEO Website Menggunakan Blog

Cara Mengoptimalkan SEO menggunakan BLOG
Tips panduan langkah cara SEO blogini saya dapatkan dari seorang pakar SEO, namanya Diar Seonubi, seorang penulis ebook tentang SEO. Bagus banget untuk diikuti.
1. Tentukan tema atau topik blog – sebelum blog kita buat, tentukanlah topik utama yang akan kita usung, karena nantinya akan menjadi judul blog yang kemudian dijabarkan menjadi deskripsi blog. Tentunya topik ini juga relevan dengan website kita secara keseluruhan.
2. Riset kata kunci / keyword (KW) – lakukanlah ini dahulu ketika hendak menulis blog, kemudian ada baiknya jangan terlalu ingin mengejar keyword yang potensi trafiknya besar. Mulailah dari yang potensinya kecil, yang penting kita harus memahami prinsip kerjanya. Kalau sudah bisa muncul di hasil pencarian dengan keyword yang ringan, barulah kita tingkatkan dengan menggunakan keyword yang persaingannya berat. Prinsipnya, yang penting bisa muncul di hasil pencarian dulu, pakai keyword yang ringan tidak masalah.
3. Posting yang relevan – dan buatlah konten yang berkualitas. Bikin konten yang unik dan bermanfaat, tapi jangan keluar dari topik utama blog. Lalu buat link antar halaman, jadi antar halaman saling mempromosikan. Kalau banyak halaman yang dibaca pengunjung maka blog dianggap berkualitas.
4. Persiapkan SEO ONPAGE – contohnya seperti mengoptimalkan penggunaan kata kunci di bagian Meta Title, Meta Deskripsi, dst, sesuai hasil analisa keyword.
5. Indexing – sambil menunggu postingan Anda masuk di Google, Anda bisa share ke social media supaya postingan tersebut lebih cepat terindex oleh Google.
6. Lakukan SEO OFFPAGE – contohnya bisa menggunakan pola backlink commenting, backlink wheel / piramida, submit ke social bookmark, dst.
Kalau saya boleh bilang, 6 langkah tersebut merupakan intisari dari upaya SEO basic. Nggak perlu ribet, sekalipun bagi pemula. Namun mungkin memang masih kurang familier dengan istilah-istilah SEO. Untuk itu, kita memang harus belajar lebih banyak lagi.

Lalu, Saya Harus Mulai Dari Mana?

Setelah Anda membaca ulasan di atas, kini semua kembali pada Anda. Jika Anda ingin belajar sendiri, Anda bisa belajar menerapkan 6 langkah SEO dasar di atas secara urut dan praktek, praktek, praktek…
Mulailah dengan membuat postingan yang relevan dan sering-sering berlatih meriset keyword. Karena ini memang penting untuk dilakukan.
Demikian artikel Cara Mengoptimalkan SEO menggunakan BLOG yang akan mengoptimalkan website anda. Semoga artikel ini bermanfaat.
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
0 Komentar